Selasa, 13 November 2018

4.8 Menalar diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP



Dewasa ini dengan tingkat persaingan bisnis dibidang telekomunikasi yangsemakin ketat masing-masing provider telekomunikasi berusaha menurunkan biayakomunikasi baik lakal, interlokal maupun internasional. Namun untuk kondisi diindonesia dengan infrastruktur dan kebijakan pemerintah di bidang komunikasisekarang ini belum memungkinkan komunikasi yang murah apalagi gratis ke lintasoperator dengan mengandalkan teknologi VoIP. Untuk bisa berkomunikasi gratismelalui VoIP sampai saat ini hanya bisa antara komunitas VoIP, di indonesia provideryang menyediakan VoIP gratis adalah www.voiprakyat.or.id, untuk bisa berkomunikasimurah bahkan gratis melalui provider ini perlu kebijakan baru dari pemerintah sehinggaakses melalui VoIP keberbagai operator telekomunikasi murah bahkan gratis secaralegal terwujud.
Voice over Internet Protocoladalah teknologi yang menjadikan media internet untukbisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara/videoanalog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi datadigital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data. Data untuk trafik suara,video berada dalam bentuk paket yang dikirim melalui jaringan internet protokol (IP).Jaringan IP merupakan jaringan komunikasi data yang berbasis packet-switch dan dikirim secara real time. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungantelepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan berteleponmenggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifatglobal. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu,biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data network terpisah, sehingga IPPhone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang disembarang Ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harusmempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branchexchange).
Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speakerpada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/Router /ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima olehtempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media teleponditeruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima olehtelepon tujuan. Stardarisasi protokol komunikasi pada teknologi VoIP seperti H.323telah memungkinkan komunikasi terintegrasi dengan jaringan komunikasi lainnyaseperti PSTN. Jaringan komunikasi yang telah luas digelar dan paling awal diIndonesia adalah jaringan PSTN yang dikelola oleh PT. Telkom. Untuk perancangan jaringan tersebut perlu ditentukan posisi Network Operation Center (NOC), Point OfPresence (POP), Router, Gateway maupun link antar kota-kota yang strategis danefesien.
Dalam perancangan jaringan VoIP yang ditekankan adalah delay dan bandwidth. Delay adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data dari sumber(pengirim) ke tujuan (penerima), sedangkan bandwidth adalah kecepatan maksimumyang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data antar komputer pada jaringan IP atau internet.

Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secaradigital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk datadigital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan dipenerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to AnalogConverter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data,dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digitallebih mudah dikendalikan, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke formatyang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog. Bentukpaling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung denganinternet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yangterhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker danmikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa salingterhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalambentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Pada perkembangannya, sistem koneksiVoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentukkomputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat teleponbiasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untukVoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa.Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalahmemungkinkan. Bentuk komunikasi bukan hanya suara saja. Bisa berbentuk tulisan(chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference.
Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephonyyang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasisuara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan mediakomunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.
1. VoIP Berbasis Open Source (Briker)
Salah satu VoIP berbasis open source adalah Briker. Briker adalah inovasi baru dalambidang komunikasi yang dikembangkan oleh Anton Raharja. Sama seperti VoIPRakyat, Briker dikembangkan dengan basis open source. Briker ini mulaidikembangkan sekitar pertengahan tahun 2008. Pengembangannya tidak memakanwaktu yang terlalu lama. Tidak sampai setengah tahun, Distro (distribusi) Linux telahmenyebar dan dimanfaatkan banyak orang. Pengembangan dan penyebarannya itusendiri juga tidak terlepas dari peran tokoh teknologi informasi lain seperti Onno W.Purbo dan tim dari PT Infotech Media Nusantara. Nama Briker dipilih tak terlepas dari fungsinya, yang mirip “brik brik brik”. Jadi namanya disesuaikan dan berhubungan dengan telepon atau interkom yang pernah tenar di tahun 1980-an. Akhirnya, Brikeradalah nama yang dipilih untuk VoIP berbasis opensource ini. Briker Bukan PenggantiVoIP Rakyat, Briker dikembangkan dengan mengintegrasikan beragam software opensource. Daftar lengkapnya ada di dalam Briker itu sendiri, tidak rahasia sama sekali.Singkatnya, dalam briker ada Linux, server VoIP, database, web server, dan banyaklagi software pendukung lainnya. Beragam software itu pun punya lisensi yangberagam. Antara lain LGPL, GPL, GPLv3, BSD License. Semuanya terbuka untukumum, dapat dibaca, dipelajari dan diubah.VoIP Rakyat dan Briker, keduanya sama-sama dikembangkan sebagai media komunikasi. Jadi terdapat perbedaan antaraBriker dengan VoIP Rakyat, VoIP Rakyat adalah penyedia jasa telekomunikasiberbasis IP (internet protocol), baik voice, video, maupun teks. VoIP Rakyat sifatnyagratis dan tidak resmi dan memfokuskan diri pada pemanfaatan jaringan berbasis IPyang telah ada. Sementara itu, Briker merupakan distro Linux baru yang khusus dibuatuntuk membantu masyarakat dalam memanfaatkan jaringan berbasis IP milik merekayang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi, baik lewat suara atau video. Briker juga bisa digunakan untuk membuat "VoIP Rakyat" menurut versi penggunanya itusendiri. Misalnya untuk digunakan dalam skala kecil seperti di kampus, kantor, pabrik,atau closed user group lain.
Fitur– fitur yang dimiliki Briker adalah :
a. Briker IPPBX Core

 Multiple VoIP protocol supported: SIP, IAX2 , H.323
 Multiple analog and digital telephony device supported
 Multiple voice codec supported: ulaw, alaw, gsm, g723, g729
 Multiple video codec supported: h264, h263p, h263, h261
 Voice and video calling and conference
 Unlimited registered accounts
 Up to maximum 1000 online accounts per server
 Up to maximum 240 concurrent calls

b. IPPBX Administration

 Outbound and Inbound routing
 Analog, digital and IP trunks support
 ENUM lookup support
 Interactive Voice Response (IVR) system
 Automatic Call Distribution (ACD)
 Ring Group
 Call forwarding and follow me
 Voice-mail configuration
 Direct Inward System Access (DISA)
 Music on hold
 Secure authenticated call termination by pin sets

c. Billing Administration

 Prepaid and postpaid billing
 Auto refill balance, recurring service
 Multiple currency supported
 Call Detail Records (CDR)
 Least Cost Routing (LCR)
 Progressive billing
 Export report to PDF & CSV
 Generate invoices to PDF format

d. Server Administration

 User and groups configuration
 Date/time configuration
 DHCP server configuration on web
 Web based Network configuration
 Reboot and shutdown server from web D
Dapat disimpulkan bahwa Briker adalah PBX berbasis IP ( IPPBX) yangberbentuk software. Artinya, dengan menginstall Briker pada komputer, makakomputer itu berubah jadi mesin PBX (private branch exchange) dengankemampuan telekomunikasi via jaringan IP. Jadi sebenarnya penggunaan Briker tidak selalu harus terhubung dengan VoIP Rakyat, bahkan tidak perlu harus adainternet, cukupLAN saja. Semakin banyak Briker terpasang dan salingberhubungan melalui VoIP Rakyat, semakin besar pula jaringan telekomunikas iberbasis IP gratis versi non-operator resmi.
Selain itu VoIP adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyalsuara analog yang di dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital  dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubungdengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkandengan speaker dan mikrofon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar.Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.Jika kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antarnegara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukupmembayar biaya pulsa internet saja.
Secara umum VoIP merupakan wujud dari layanan telepon dengan menggunakansistem komunikasi Packet Switched. Packet switched network adalah jaringan-jaringan yang dihubungkan oleh router, dimana setiap host  yang terhubung dalam jaringan tersebut secara teori, dapat mengirimkan paket data kepada host yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar